SRB Menyapa SDN 1 dan 2 Nario Indah

 Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Berbagi Inovasi sebagai solusi BDR

(Rangkaian kegiatan sosialisasi hari kedua Finalist PembaTIK 2020)

Salam rumah belajar
Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Kunjungan kami yang kedua kali ini adalah di dua sekolah tepatnya di  kecamatan Anggotoa, yang merupakan pemekaran dari kecamatan Wawotobi. Dua sekolah tersebut adalah SD Negeri 1 dan 2 Nario Indah.Kedua sekolah ini memiliki kepala sekolah yang baru dilantik beberapa bulan lalu, dan kini mulai merancang kegiatan peningkatan kompetensi untuk guru-gurunya. Termasuk kegiatan yang akan kami lakukan dengan agenda berbagi inovasi tentang pembuatan video pembelajaran berbasis android dan juga pembuatan soal-soal online untuk persiapan dalam menghadapi penilaian akhir semester ganjil ini.

Kedatangan kami pun disambut dengan antusias oleh kepala sekolah dan mempersiapkan fasilitas untuk sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar. Dari pihak kami pun sudah mempersiapkan sosialisasi kit seperti: banner, sticker, baliho, flier dan materi.








Presentasi materi Pemanfaatan portal
rumah belajar



bimbingan penginstalan portal rumah belajar



Kegiatan menginstal portal rumah belajar

membuat soal online dengan quiziz

Dalam kegiatan ini kami bagi dua tahap dengan rincian, tahap pertama mengenai pengenalan fitur-fitur rumah belajar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran jarak jauh serta pembuatan soal online dengan menggunakan aplikasi quiziz dan google form. Tahap kedua, dilakukan seminggu kemudian dengan agenda berbagi inovasi dalam pembuatan video pembelajaran berbasis android dengan aplikasi kinemaster.

Dengan adanya portal rumah belajar ini, kepala sekolah SDN 1 dan 2 Nario Indah berharap dapat diaplikasikan ke kelas mereka dan bisa mengatasi kekurangan ketika belajar dari rumah. Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh guru-guru di sekolah ini adalah fitur sumber belajar serta peta budaya sehingga bisa menjadikan pembelajaran yang sebelumnya agak membosankan, kini bisa lebih menarik dan efektif. 


Para guru di sekolah ini merasa terbantu dengan adanya portal rumah belajar, selain itu mereka kini bisa membuat soal online sendiri dengan bantuan fitur bank soal untuk menambah refensi soal mereka.

Tak terasa waktu terus berjalan dan berakhir.



Untuk mengetahui kegiatan kami selama sosialisasi dan berbagi, tonton vlog berikut dengan tautan :

https://www.youtube.com/watch?v=qm_a_9poZXY&t=7s

Demikian artikel ini, terimakasih dan sampai bertemu dalam kegiatan berikutnya.

Merdeka belajarnya
Rumah belajar portalnya
Maju Indonesia




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN YANG BERDAMPAK PADA MURID MELALUI PROGRAM MADONG SDN 1 WAWOTOBI

Menuai Ilmu melalui Webinar Kolaborasi Nusantara Berbagi

Semangat Berbagi bersama portal rumah belajar Di SMP Negeri 2 Wawotobi