Berbagi Inovasi dengan memanfaatkan fitur lab maya di masa pandemi

 Berselancar di Lab Maya dengan metode flipped classroom 

Salam Rumah Belajar

Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Hari keempat sosialisasi tatap muka kali ini bertempat di SMP Negeri 1 Konawe di Kec. Konawe Kab. Konawe. Kali ini kami tidak bertiga, tetapi berempat dengan SRB Edi Adrian.

Berbagai persiapan pun telah kami siapkan, mulai dari pembagian materi, sosialisasi kit, seperti flier, banner, baliho, sticker dan daftar hadir peserta.

Adapun tahapan kegiatan kami sebagai berikut:

1. Persiapan

 Dalam tahap persiapan ini, kami sudah mempersiapkan perlengkapann sosialisasi seperti :


Flier

sticker

2. Pelaksanaan Kegiatan

  Kegiatan dilakukan secara kolaborasi dengan pembagian materi yang sudah dipersiapkan.
 Pemateri pertama oleh SRB Anita Sri Wahyuni, S.Pd.Gr. membahas materi tentang latar belakang portal rumah belajar beserta pengenalan fitur-fitur pada portal rumah belajar.

Pemateri kedua, SRB Asri Juniatin Mangidi, S.Pd. membahas materi tentang fitur-fitur yang terdapat pada portal rumah secara detail berikut dengan contoh penggunaan pada pembelajaran di kelas.

Materi ketiga dibawakan oleh saya sendiri dengan materi tentang pemanfaatan fitur Lab Maya sebagai solusi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan metode flipped clasroom. Dalam materi ini saya fokus pada pemanfaatan lab maya demi memenuhi pembelajaran yang dilakukan dengan belajar jarak jauh oleh sekolah ini, yang sebelumnya tidak tahu dan bingung harus  menggunakan metode apa dan solusi untuk melengkapi materi mereka.

    
link untuk mengakses lab maya




Dengan adanya sosialisasi dan berbagi ini, para guru di SMP Negeri 1 Konawe merasa semangat dan antusias untuk mengenal dan mempelajari serta menerapkannya di kelas masing-masing. Selain itu, mereka juga terkendala dalam memberikan evaluasi kepada siswa saat ulangan, karena sebelumnya mereka hanya melakukan melalui whatsapp dengan soal yang sudah diprint terlebih dahulu dan kemudian mendokumentasikaanya lalu dikirim via whats grup kelas dan messenger.

Selama dua jam kami berbagi inovasi mengenai pembuatan soal online dengan menggunakan aplikasi quiziz dan google form dengan menggunakan refensi soal melalui fitur banks soal.

Terakhir, pemateri keempat oleh SRB Edi Adrian dengan materi pemanfaatan kelas maya. Pengenalan fitur pada kelas maya serta cara aksesnya, juga dijelaskan secara detail.

Video kegiatan sosialisasi dan berbagi kami, bisa diakses melalui tautan berikut :

                              https://youtu.be/MdNOHUsoCY0

3. Evaluasi

  Setelah kegiatan sosialisasi ini selesai, kepala sekolah mengharapkan pertemuan ini untuk melanjutkan kegiatan serupa dengan materi pembuatan video pembelajaran berbasis android.

Berikut daftar hadir peserta sosialisasi dan berbagi.


 Demikian artikel saya kali ini, jangan lupa untuk menginstal aplikasi portal rumah belajar melalui play store atau laman http://belajar.kemdikbud.go.id

Merdeka belajarnya
Rumah belajar portalnya
Maju Indonesia




Komentar

Dewi HN mengatakan…
Terus berbagi guru👍
Pirawati mengatakan…
Terimakasih say
Pirawati mengatakan…
Inshaallah akan terus berbagi

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN YANG BERDAMPAK PADA MURID MELALUI PROGRAM MADONG SDN 1 WAWOTOBI

Menuai Ilmu melalui Webinar Kolaborasi Nusantara Berbagi

Semangat Berbagi bersama portal rumah belajar Di SMP Negeri 2 Wawotobi