Semangat Berbagi bersama portal rumah belajar Di SMP Negeri 2 Wawotobi

 Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Salam berbagi.

Sahabat rumah belajar, kali ini saya akan berbagi cerita tentang kegiatan sosialisasi di hari pertama di SMP Negeri 2 Wawotobi. Sebuah sekolah yang jauh dari perkotaan. Meskipun jauh tidak menyulitkan bagi kami bertiga untuk berbagi inovasi dan menggaungkan portal rumah belajar. Bersama dua SRB lainnya, kami berkunjung di sekolah ini dengan metode tatap muka dan yang terpenting sesuai prosedur protokol kesehatan covid-19.

Melaksanakan sosialisasi ini , kami sudah merancang kegiatan  dalam tiga tahap, yaitu:

1. Tahap Persiapan

    Pada tahap ini, kami bertiga mempersiapkan sosialisasi kit, mulai dari banner, flier, sticker, dan baliho.

Flier SRB Kolaborasi

Banner SRB Pirawati Sultra


Banner SRB Asri Junita Sultra

 2.  Tahap pelaksanaan kegiatan

 Pada tahap pelaksanaan ini, kami bertiga membagi materi untuk presentasi. 
Pemateri pertama, dibawakan oleh SRB Anita Sri Wahyuni dengan materi tentang pengenalan portal rumah belajar serta fitur-fiturnya. Pemateri kedua oleh SRB Asri Junita Mangidi dengan materi pemanfaatan fitur-fitur utama dan pendukung rumah belajar. Dan, terakhir saya sebagai pemateri ketiga membawakan tentang cara menginstal dan memanfaatkan tiap fitur pada rumah belajar.

Setelah menjelaskan secara keseluruhan tentang fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar, kami menjelaskan pemanfaatan laboratorium maya, sumber belajar, dan bank soal untuk mendukung pembelajaran guru selama belajar di rumah.

Sambutan Kepala SMP N. 2 wawotobi
Peserta sedang menginstal Portal rumah belajar


     Selain tentang pemanfaatan portal rumah belajar dengan berbagi fitur utama, kami juga berbagi inovasi pembelajaran tentang pembuatan video pembelajaran berbasis android dan pembuatan soal online. Karena waktu yang terbatas, kegiatan berbagi dlam membuat video pembelajaran dilaksanakan di hari lain agar lebih fokus.

Untuk lebih jelasnya kegiatan kami saat berbagi, yuk, klik tautan berikut untuk menonton vlog sosialisasi SRB:

http://ringkas.kemdikbud.go.id/VlogPembaTIK2020

3. Evaluasi 

Jumlah peserta dalam sosialisasi ini, cukup menunjukkan bahwa guru SMP Negeri 2 Wawotobi sangat antusias untuk mengenal portal rumah belajar. Bahkan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 dengan penuh harap meminta kami untuk datang kembali dengan agenda yang lebih menarik tentang pembuatan video pembelajaran lanjutan.

 Demikian kegiatan sosialisasi kami secara kolaborasi dengan SRB hebat Sultra. semoga selalu sukses dalam menggaungkan portal rumah belajar di sekolah yang belum sempat di datangi.
Wasalam.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN YANG BERDAMPAK PADA MURID MELALUI PROGRAM MADONG SDN 1 WAWOTOBI

Menuai Ilmu melalui Webinar Kolaborasi Nusantara Berbagi